Pages

Saturday 1 March 2014

Upacara Troen Bak Tanoeh (Nangroe Aceh Darussalam)


http://bimg.antaranews.com/bali/2012/08/ori/20120826turuntanah260812.jpg
Upacara Troen Bak Tanoeh disebut juga upacara turun tanah merupakan pacara adat aceh yang menyimbolkan kesucian ibu bayi yang baru saja meliwati masa persalinan. Upacara ini berlangsung dengan melibatkan sang bayi yang baru lahir dan membawanya keluar rumah. Sedangkan sang ibu tidak diperkenankan ikut karena masih dalam keadaan tidak suci, yaitu dalam masa wiladah.

Dan puncak upacara ini adalah saat mulai turun tanah sebagai simbol telah bebas dari darah kotor dan penyakit. Sebagai mana biasanya, bayi yang berumur kurang dari bulan masih dikhawatirkan terjangkit penyakit. Oleh karena itu upacara ini dilaksanankan dengan mempertimbangkan faktor tersebut. Namun, jika tidak dikhawatirkan, maka upacara ini dilaksanankan.

Inti dari ajaran ini adalah simbol turun tanah terhadap bayi sebagai gambaran perkenalan bayi terhadap dunia luar. Sedangkan prinsip di dunia luar agar kelak mendapatkan kebahagiaan adalah dengan cara melakukan sesuatu hal dengan giat dan bersungguh-sungguh dan tidak bermalas-malasan.



No comments:

Post a Comment